Search Posts

Doa Birrul Walidain (Untuk Orang Tua)

Gubahan Syaikh Muhammad ibn Ahmad Abilhubbi Alhadhrami Attariimi -(W. 611 H) Terjemahan oleh : DR. Abdul Kader SM Alhabsji

بِسْمِ اللهِ الرَّحمَْنِ الرَّحِيْمِ

“Segala puja dan puji dipersembahkan hanya untuk Allah Maha-pengasih, Maha Penyayang yang berfirman:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوْا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِاالْوَلِدَيْنِ
إِحْسَانَا، إِمَّايبَْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدَهمَُا
أَوْكِلَا همَُا فَلَا تَقُلْ لهَمَُا أُفِّ وَلَاتَنْهَرْهمَُاوَقُلْ
لهَّمَُا قَوْلًا كَرِيْمًا * وَاخْفِضْ لهَمَُاجَنَاحَ الذُّلِّ
مِنَ الرَّحمَْةِ ، وَقُلْ رَّبِّ ارْحمَْهُمَا كَمَا رَبيََّانِيْ

صَغِيْرًا *

“Sungguh, Tuhan Pencipta dan Penganugerahmu wahai hamba- sudah menentukan bahwa sekali-kali janganlah kamu menyembah kecuali kepada-Nya Jua. Dan, berbuat baiklah kepada kedua orang tuamu. Apabila salah seorang dari orang tuamu atau kedua duanya telah lanjut usia maka sekali-kali janganlah engkau berkata ‘uh’atau ‘ah’ (apalagi membentaknya). Berkatalah kepada keduanya dengan ucapan-ucapan lembut, mengandung penghormatan dan kedermawanan. Rendahkanlah kedua bahumu di hadapan keduanya sebagai tanda kasih sayangmu. Dan berdo’alah: “Aduhai, Tuhan Pencipta dan Penganugerah. Kasihanilah keduanya seperti mereka dahulu- membina dan mengasuhku sejak Kecil.” (Q.S: Al Israa’[17]: 23- 24).

اَلحَْمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَمْرِنَا بِشُكْرِ الْوَالِدِيْنَ ، وَحَثَّنَا
عَلَى إِغْتِنَامِ بِرِّهِمَا ،وَصْطِنَاعِ الْمَعْرُوْفِ
لَدَيْهِمَا * اَلحَْمْدُ لِلَّهِ اَلَّذِى نَدَبنََا إِلَى حَفْضِ

الجَْنَاحِ مِنَ الرَّحمَْةِ لهَمَُا إِ عْظَامًا وَ إِ كْبَارًا ،
وَأَوْصَانَا بِا لتَّرْحُّمِ عَلَيْهِمَا كَمَا رَبيََّانَا صِغَارًا

Artinya: “Segala puja dan puji kita persembahkan kepada Allah Yang telah memerintahkan kita untuk berterima kasih kepada kedua orang tua; Yang telah memerintahkan kita mengambil keuntungan di balik bakti kepada keduanya; Yang telah meng-anjurkan kita untuk mengerahkan segala daya kemampuan dalam mempersembahkan kebaikan kepada keduanya. Segala puja dan puji hanyalah bagi Allah Jua Yang telah memehntahkan kita untuk merendahkan kedua bahu kita sebagai terjemahan rasa sayang, hormat, dan kagum kepada keduanya -sebagai-mana- Allah Jua yang telah berwasiat agar kita tetap men-dambakan rahmat- Nya bagi keduanya, persis seperti keduanya menyayangi kita di masa Kecil.”

وَ اغْفِرْلهَمُْ ، (x اَللَّهُمَّ فَارْحَمْ وَلَدَيْنَا ( 3
وَارْضِ عَنْهُمْ رِضًا تُحِلُّ بِهِ عَلَيْهِمْ جَوَامِعَ
رِضْوَانِكَ ، وَتُحِلُّهُمْ بِهِ دَارَ كَرَامَتِكَ وَأَمَانِكَ ،
وَمَوْطِنَ عَفْوِكَ وَغُفْرَانِكَ ، وَاَدِرَّبِهِ عَلَيْهِمْ
لَطَآئِفَ بِرِّكَ وَ إِحْسَانِكَ *

“Aduhai Tuhan Yang memiliki Segala Sifat Yang Maha Sempuma, kasihanilah kedua orang tua kami.” {3X} “Ampunilah dosa-dosa mereka, ridhalah Engkau kepada mereka dengan keridhaan yang memungkinkan mereka memperoleh aneka ragam ridha-Mu. Ridhalah Engkau kepada keduanya dengan kendhaan yang memungkinkan mereka men-dapatkan sorga-Mu nan mulia tempat yang bakal dihuni oleh hamba-hamba yang Engkau anugerahkan ketentraman, pema’afan dan pengampunan yang abadi. Ya Allah, curahkanlah atas mereka kelembutan, kebaktian dan kebaikan-Mu.:

Doa orang tua

“Wahai Allah Tuhan Yang memiliki Segala Sifat Yang Maha-sempuma, ampunilah mereka dengan pengampunan yang menyeluruh yang dengannya saja akan terhapuslah dosa dosa mereka yang lampau dan terpupuslah dengannya pula tekad-tekad buruk mereka. Ya Allah, kasihanilah mereka dengan rahmat yang membuat liang lahat, tempat pembaringan mereka menjadi terang benderang; rahmat yang memberikan mereka rasa aman di hari kebangkitan -di kala umat manusia dan sekalian mahluk berada dalam ketakutan dan kekalutan.”

اَللَّهُمَّ تَحَنَّنْ عَلَى ضَعْفِهِمْ كَمَا كَانوُْا عَلَى
ضْعْفِنَا مُتَحَنِّنِيْنَ ، وَارْحَمْ إِنْقِطَاعَهُمْ إِلَيْكَ كَمَا

كَانُواْ لَنَا حَالَة إِ نْقِطَاعِنَا إِلَيْهِمْ رَاحِمِيْنَ ،
وَتَعَطَّفْ عَلَيْهِمْ كَمَا كَانوُْالَنَا فِيْ حَالِ صِغَارِنَا
مُتَعَطِّفِيْنَ *

“Aduhai Tuhan Pemilik segala Sifat Yang Maha Sempurna,beriaku lembutlah kepada kedua orang tua kami di saat mereka rapuh tiada berdaya sebagaimana mereka beriaku lembut kepada kami -dahulu- di saat kami belum memiliki kekuatan. Kasihanilah mereka sekarang ini; di saat mereka tidak mempunyai sandaran lagi kecuali hanya kepada Engkau semata; sebagaimana mereka mengasihani kami -dahulu di saat kami tidak mempunyai pegangan dan tempat ber-lindung kecuali kepada keduanya. Ya Allah, balutlah duka hati kedua orang tua kami sekarang ini, seperti mereka dahulu melakukannya kepada kami yang masih lemah lunglai.”

اَللَّهُمَّ احْفَظْ لهَمُْ ذَالِكَ الْوُدَّاَلَّذِيْ أَشْرَبْتَهُ
قُلُوْبهَُمْ ، وَالحَْنَانَةَ الَّتِيْ مَلَأْتَ بِهِ صُدُوْرَهِمْ ،

وَاللُّطْفَ الَّذِيْ شَغَلْتَ بِهِ جَوَارِحَهُمْ ،
وَشْكُرْلهَمُْ ذَلِكَ الجِْهَادَ الَّذِيْ كَانوُْا فِيْنَا
مُجَاهِدِيْنَ ، وَلَا تُضُايِعْ لهَمُْ ذَالِكَ الْإِ جْتِهَادَ
الَّذِيْ كَانوُْا فِيْنَا مُجْتَهِدِيْنَ ، وَجَازِهِمْ عَلَى
ذَلِكَ السَّعْيَ الَّذِيْ كَانوُْا فِيْنَا سَاعِيْنَ ، وَالرَّعْيَ
الَّذِيْ كَانوُْ لَنَا رَاعِيْنَ ، أَفْضَلَ مَاجَزَيْتَ بِهِ
السُّعَاةَ الْمُصْلِحِيْنَ وَ الرُّعَاةَ النَّاصِحِيْنَ *

“Aduhai Tuhan Pemilik segala Sifat Yang Maha sempurna -hargailah cinta yang Engkau tuangkan di relung hati kedua orang tua kami, cinta yang membuat mereka amat sayang kepada kami. Hargailah rasa sayang dan sikap lembut mereka kepada kami. Engkaulah dahulu yang memenuhi dada mereka dengannya, kemudian Engkaulah pula yang menggerakkan organ- organ tubuh mereka menuangkannya ke kehidupan kami. Berikanlah penghargaan besar terhadap perjuangan dan pengorbanan yang pernah mereka lakukan di dalam kehidupan demi kenyamanan kami. Janganlah Engkau sia-siakan segala usaha, dan pemeliharaan yang pemah mereka persembahkan di dalam kehidupan untuk kami. Berikanlah imbalan yang baik tediadap segala kerja yang mereka lakukan demi kami; dan pematian yang mereka curahkan di dalam hidup ini demi kemaslahatan kami; dengan sebaik-baik imbalan, dengan sebesar-besar penghargaan yang pemah Engkau berikan kepada semua orang yang berusaha demi kebaikan dan kesenangan orang lain.”

Lanjut ke Doa Birrul Walidain (Untuk Orang Tua) Bagian II

 

Share This Post To :
Lintas Berita | Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit | Google
Show Buttons
Hide Buttons